Pasukan Garuda Promosikan Seni Budaya dan Wisata Purbalingga di Lebanon

By Admin

nusakini.com--Pasukan Garuda yang tergabung dalam pasukan TNI Konga XXVIII-I/ United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) 2016, Rabu (5/10) malam menampilkan seni budaya Indonesia termasuk dari Purbalingga dan Banyumas di Beirut Lebanon. 

Pasukan tersebut selain membawa misi perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga membawa misi promosi budaya, kesenian dan pariwisata Indonesia khususnya Purbalingga dan Banyumas. 

Kepala Divisi Kebaharian KRI John Lie-358, Lettu Laut (P) Rafael Bimantoro Prayitno, mengungkapkan, penampilan seni budaya itu dalam sebuah acara resepsi diplomasi 71 tahun Indonesia merdeka, di hotel Phoenicia, Beirut Lebanon. 

“Undangan yang hadir dalam acara itu sekitar 400 orang yang berasal dari kedutaan negara sahabat di Lebaon, pejabat pemerintahan Lebanon, dan tamu VIP lainnya,” kata Rafael Bimantoro, Kamis (6/10). 

Rafael mengungkapkan, berbagai seni yang ditampilkan antara lain Punokawan, kenthongan (thek-thek), tarian dari Bali, dan kesenian sejumlah daerah di Indonesia. 

“Secara kebetulan Komandan Kapal Republik Indonesia (KRI) John Lie-358 Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo adalah putra asli Desa Papringan Banyumas, jadi promosi budaya dan pariwisata difokuskan untuk lingkup Banyumas dan sekitarnya,” kata Rafael. 

Satuan Tugas Maritim TNI Konga XXVIII-I/ United Nations Interim Force in Lebanon(UNIFIL) 2016 dipimpin oleh putra asli Desa Papringan, Banyumas, yakni Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo yang juga komandan KRI John Lie-358.  

Pasukan ini menggantikan personel Satgas XXVIII-H guna melaksanakan misi perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) selama satu tahun, sejak Agustus 2016. 

Disamping itu, misi dari tindakan ilegal yang bisa mengganggu stabilitas kawasan, satgas juga melatih Lebanese Armed Forces – Navy (Angkatan Laut Lebanon). Kemudian melaksanakan pengawasan udara, dan latihan bersama dengan unsur Maritim Task Force “Kami berangkat dari Indonesia pada bulan Agustus 2016 lalu untuk menggantikan personel di KRI Bung Tomo-357,” kata Rafael.(p/ab)